Setting Optimasi SEO di Blogger

COMMERCE

Menggunakan GSE atau blog yang dihost menggunakan blogspot.com (blogger.com) baik itu menggunakan subdomain blogspot.com ataupun yang domain sendiri (TLD) seperti com,net,biz,org,xyz ataupun  yang lainnya.Di bawah ini adalah beberapa teknik  Setting Optimasi SEO di Blogger (blogger.com) agar blog Anda lebih disukai oleh mesin pencari Google.
Setting Optimasi SEO di Blogger


Jika blog Anda disukai mesin pencari Google maka blog Anda bisa masuk di halaman satu Google, jika artikel blog Anda sudah masuk ke halaman satu Google maka sudah bisa ditafsirkan pengunjung blog Anda akan jauh lebih meningkat dari sebelumnya.Yang sudah menjadi dambaan para blogger , apalagi bagi blogger yang sedang memonetisasi blognya untuk menghasilkan uang dari Google Adsense ataupun dari sumber iklan lainnya.
Lalu pertanyaannya apa bisa pakai blogger.com masuk halaman satu di mesin pencari Google? Ya pasti bisalah jika Anda serius dalam pengelolaannya seperti :

Membuat konten dan artikel yang berkualitas dan betul-betul disukai pengunjung dan menerapkan Setting Optimasi SEO di Blogger dengan benar ,berikut saya uraikan cara Setting Optimasi SEO di Blogger.

RSS Feed

Seperti halnya layanan blogging pada umumnya, blogger juga menyediakan fitur RSS feed untuk memudahkan pembaca blog Anda berlangganan artikel-artikel yang Anda publikasikan pada saat postingan.
Fitur RSS FEED ini sebenarnya sangat bagus, terutama untuk menjaring pembaca. Namun di lain sisi RSS feed juga bisa berdampak buruk untuk SEO blog Anda.
Kenapa bisa begitu?
Seperti yang kita tahu, di zaman sekarang banyak sekali blogger-blogger pemalas yang maunya serba instan yang sering mencuri konten-konten blog milik orang lain.
Dengan memanfaatkan RSS Feed akhir-akhir ini sangat sering digunakan oleh para pencuri konten sebagai jalan untuk mengambil konten-konten yang ada di blog kita tanpa harus susah-susah CTRL+C dan CTRL+V.
Jika blog Anda menjadi korban pencurian konten melalui RSS Feed maka bisa berdampak buruk bagi blog Anda karena akan berakibat konten duplikat. Nah, untuk sedikit mengatasi masalah ini, Anda bisa memanfaatkan pengaturan RSS Feed yang ada di blogger.
Caranya sangat mudah, Anda cukup masuk ke Dashboard > Setelan > Lainnya. Setelah itu Anda fokus pada bagian Umpan Situs.
Pada bagian “Izinkan Umpan Blog” sobat pilih “Singkat











Tag Meta Deskripsi

Salah satu fitur SEO yang ada di blogger adalah fitur Tag meta deskripsi. Fitur ini memungkinkan kita memasukkan meta deskripsi blog tanpa harus memasukkannya secara manual ke dalam template.
Cara mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, Anda cukup masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran.
Setelah itu fokus pada bagian Tag meta dan klik “Edit“. Setelah itu muncul pertanyaan “Aktifkan deskripsi penelusuran?” pilih Ya. Lalu terakhir Anda masukan deskripsi blog Anda.











Jangan lupa untuk mengklik “Simpan perubahan

Tag Meta Deskripsi Postingan

Meta deskripsi yang dijelaskan di atas adalah meta deskripsi khusus untuk halaman depan blog Anda.
Sedangkan untuk meta deskripsi postingan Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan.
Untuk menggunakan fitur ini pertama-tama Anda harus mengaktifkan fitur tag meta deskripsi untuk halaman depan seperti yang sudah dibahas di atas.
Jika sudah mengaktifkannya maka setiap kali Anda menulis postingan, di bagian kanan editor postingan akan ada menu tempat memasukan deskripsi postingan:











Tag Meta Robot

Fitur ini bisa digunakan untuk memberikan instruksi kepada robot mesin pencari mengenai halaman mana saja yang boleh di index dan yang mana yang tidak boleh di index.
Fitur meta robot yang ada di blogger ini bisa kita manfaatkan untuk mengatasi duplikat konten, terutama duplikat konten yang terjadi karena halaman arsip dan pencarian.
Caranya masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran > Aktifkan tag header robot khusus. Selanjutnya tinggal sesuaikan seperti gambar di bawah ini:

Jangan lupa klik Simpan perubahan
Setelan meta robot di atas akan memberitahu robot mesin pencari untuk tidak mengindex halaman arsip dan penelusuran.

Gambar Postingan

Jika Anda membuat postingan yang disertai dengan gambar maka Anda sangat disarankan untuk menggunakan fitur SEO gambar yang ada di blogger , yaitu fitur untuk menambahkan atribut “alt” dan “title” secara otomatis pada gambar di dalam postingan.
Caranya sangat mudah, ketika sobat memasukan gambar ke dalam postingan maka cukup klik gambarnya > klik Properties > masukan kata kunci untuk gambar tersebut:


Setting Optimasi SEO di Blogger















Pengalihan Khusus

Fitur ini berfungsi untuk mengarahkan link yang menuju ke blog kita namun link tersebut tidak benar-benar ada alias halaman 404. .
Sebagai contoh, misalnya di blog sobat ada postingan yang dihapus, nah supaya postingan tersebut ketika diakses tidak error 404, maka sobat bisa mengalihkannya ke postingan lain.
Untuk cara menggunakannya silakan sobat masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran.
Setelah itu fokus pada bagian Kesalahan dan pengalihan dan klik “Edit” pada Pengalihan khusus. Setelah itu tinggal Anda isi URL yang error (Dari) dan URL yang benar (Kepada):
Jangan lupa centang “Permanen” agar link yang salah tersebut dialihkan secara permanen. Jika sudah klik Simpan terlebih dahulu dan klik Simpan perubahan.

Tautan Permanen

Fitur yang bisa disebut juga sebagai fitur custom permalink ini berguna bagi Anda yang ingin memindai (memilih) kata kunci panjang atau bahasa SEO nya long tail keyword. Secara default permalink di blogger hanya dibatasi sampai 6 kata, kurang lebih seperti ini:
Seting optimasi seo diblogger


Jika lebih dari 6 kata, maka permalink akan otomatis terpotong dan hanya menampilkan 6 kata awal dari judul postingan. Nah, jika sobat menginginkan lebih dari 6 kata maka sobat bisa menggunakan fitur ini.
Caranya, saat Anda menulis artikel postingan klik menu Tautan Permanen pada bagian kanan dan pilih Tautan Permanen Khusus, setelah itu tinggal Anda masukkan permalink sepanjang yang sobat inginkan.






Template Blogger

Pemilihan template blogger yang bagus dan tepat juga dapat membantu memaksimalkan penerapan trik SEO blogspot yang tepat di blog Anda. Banyak sekali penyedia template blogger gratis yang bagus di luar sana, yang juga SEO Friendly.
Seperti apa kira-kira Template yang SEO-Friendly itu ?
Memiliki kecepatan loading yang baik, desain yang responsive (mobile friendly), menggunakan schema markup, dan masih banyak lagi yang lainnya sebagai patokan kriterianya yang sudah diatur Google SEO-Friendly.
Sekian sedikit ulasan tentang cara Setting Optimasi SEO di Blogger supaya blog Anda bisa halaman satu di mesin pencari google.

Komentar

  1. Do you wish to submit flawless research papers that have been referenced correctly? Learn the P’s and Q’s of how toDo you wish to submit flawless research papers that have been referenced correctly? Learn the P’s and Q’s of how to reference a research paper by enrolling in write my dissertation for me. We have a team of highly qualified dissertation writers who make sure the research paper are non-plagiarized and are properly cited keeping the university guidelines in mind. Contact SourceEssay to get perfectly referenced and formatted papers from assignment writers. reference a research paper by enrolling in write my dissertation for me. We have a team of highly qualified dissertation writers who make sure the research paper are non-plagiarized and are properly cited keeping the university guidelines in mind. Contact SourceEssay to get perfectly referenced and formatted papers from assignment writers.

    BalasHapus
  2. Great Post Could you please help me to make /feeds/posts/summary url in my blog?
    Learn How Clipping Path Actually Works

    BalasHapus
  3. Every post on this blog is excellent and informative. I like the way you wrote it! Great job! Read also stop code memory management

    BalasHapus
  4. Nice article, i want to you all read my article about, Automotive Fabric Market.
    The global automotive fabric market , assessing the market based on its segments like fabric type, application, vehicle type, and major regions. The report tracks the latest trends in the industry and studies their impact on the overall market.

    BalasHapus
  5. Superb article, a debt of gratitude is in order for assembling this! This is clearly one awesome post. Much obliged for the profitable data and Click here digital marketing course bits of knowledge you have so given here.
    Much thanks to you for setting aside an ideal opportunity to distribute this data extremely valuable!

    BalasHapus
  6. Thank you for this amazing article. Here, I am also sharing a wonderful platform for students. You may get the best Matlab Dissertation Help. Connect with our expert today and get help!

    BalasHapus
  7. terima kasih banyak pengalamannya. merupakan keberuntungan bagi saya menemukan link ini. terima kasih sudah berbagi.

    Best regrads

    Bali
    www.inclusivebalitour.com

    BalasHapus
  8. Hey if you want to buy a new wakefit mattress then, you should read this buying guide before making any purchase decision. Also read more reviews on Home Products Guru site.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Thanks for sharing this amazing and informative=" https://www.dailyvorerpata.com/">https://www.dailyvorerpata.com/

    BalasHapus
  11. Hi monsieur blogger,
    this seems to be a great blog post. I appreciate the clarity of the tutorial. The looks informative enough. Thanks for all. Data Analytics Qualifications

    BalasHapus
  12. Interesting post to read. I am glad to read your blog. I will definitely visit your blog again.
    CA Coaching in Mumbai

    BalasHapus
  13. Hello dear blogger,
    I can see this is a great article. Thanks for making it available. I really appreciate your kindness in sharing it here for us. Thanks again! Best Business Accounting & Taxation Course in India

    BalasHapus
  14. Hey,
    Thanks for sharing this blog its very helpful to implement in our work
    A New Day Glasses

    BalasHapus
  15. Yang sudah menjadi dambaan para blogger , apalagi bagi blogger yang sedang memonetisasi blognya untuk menghasilkan uang dari Google Adsense ataupun dari sumber iklan bd laptop price

    BalasHapus
  16. Nice article, i want to you all read my article about, Automotive Fabric Market.
    IT

    BalasHapus
  17. Thanks for sharing this blog its very helpful to implement in our work. bd IT

    BalasHapus
  18. The interesting thing about the mobile gaming platform is the flexibility to access the game and the customizable experience for the player, especially the design of the control system that is easy to use on the small touch screen and the customization of the game. With the variety of mobile devices available in the market, including the ability to manage money and security systems during mobile gaming, this reflects the importance of developing platforms that meet the needs of players. In today's fast changing and modern gaming technology. https://www.ufabetwins.ai/ufabet-เว็บตรงทางเข้า-มือถือ

    BalasHapus

  19. Sure! Tech evolves rapidly, MUNNAencompassing AI, IoT, blockchain, cybersecurity, AR/VR, cloud computing, and more, shaping our digital landscape daily.

    BalasHapus
  20. Great article! I found the information about buyspotifyplays very insightful and helpful. The detailed explanation on its features and market trends provided a clear understanding. Looking forward to more content on this topic!
    Best spotifyplays

    BalasHapus
  21. Tag Meta Robot plays a crucial role in controlling how search engines crawl and index web pages, ensuring optimal visibility and ranking.SEO Nahidul

    BalasHapus
  22. "This article provided such valuable insights into buy Spotify plays! I appreciated the depth of analysis on its features and market trends. It's clear that a lot of research went into this piece, and I'm looking forward to diving deeper into this topic with future content!"SEO Emran

    BalasHapus
  23. Thanks for sharing this wonderful article, It was the best information I have ever found on the internet. Keep it up!

    www.liteblue.gov
    www.Liteblue.gov
    Peardeck
    ups
    Spotify receptify

    BalasHapus

  24. Menerapkan optimasi SEO di Blogger bisa sangat penting untuk meningkatkan visibilitas blog Anda di mesin pencari seperti Google. Berikut adalah beberapa langkah untuk melakukan optimasi SEO di platform Blogger:

    Pilih Kata Kunci yang Relevan: Lakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan topik blog Anda. Gunakan alat seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest untuk menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi dan persaingan rendah.

    Gunakan Kata Kunci dalam Judul dan URL: Pastikan kata kunci utama Anda terdapat dalam judul postingan dan juga dalam URL postingan. URL yang deskriptif dan mengandung kata kunci dapat membantu mesin pencari memahami konten Anda.kamrun seo

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Cara Mendapatkan Backlink Edu

Harga Paket Jasa SEO